Sabtu, 15 Oktober 2011

Refleksi Diri

   
      Saya ingin membuat sebuah refleksi diri untuk belajar dari pengalaman yang telah saya lalui.
Ini semua hanya untuk renungan dan saran saja, berikut ini merupakan kesalahan - kesalahan yang sering saya lakukan. Saya harap anda tidak melakukan perbuatan ini, karna dapat merugikan diri sendiri.

Sering Menunda Waktu / Mengulur  waktu
     Pengalaman ini sering terjadi ketika saya  membuat tugas sekolah, ketika saya menunda terus untuk mengerjakan tugas maka yang terjadi adalah tugas sekolah semakin menumpuk atau bertambah. Akhirnya ketika semua tugas tersebut harus dikumpulkan saya menjadi tergesa - gesa untuk mengerjakannya. Hal ini sangat tidak baik karna selain nilai pelajaran saya berkurang, saya juga akan dianggap pemalas. Saya sarankan agar anda tidak melakukan hal ini, selain merugikan diri sendiri kita juga tidak dapat menikmati waktu kita. Untuk menghilangkan kebiasaan ini sebaiknya setiap ada pekerjaan atau tugas yang diberikan segera selesaikan tugas atau pekerjaan itu, sekecil apapun tugasnya berkomitmenlah untuk mengerjakannya sesegera mungkin agar diwaktu kita tidak ada tugas kita bisa santai menikmati waktu senggang kita.

Cepat Bosan
    Saya ini termasuk orang yang cepat merasa bosan dengan segala hal, saya berusaha untuk menghilangkan sifat ini. Karna menurut saya perjalanan hidup ini penuh warna dan penuh dengan pilihan. Dan saya berhasil untuk merubah sifat ini walaupun sedikit demi sedikit. Ini saran yang bisa saya berikan yaitu:
Anggaplah hidup ini penuh dengan warna, warna yang saya maksud adalah hidup ini penuh dengan beragam kejadian dan masalah. Coba anda bayangkan jika hidup kita selalu bernasib baik maka hidup ini terasa monoton dan tidak ada tantangannya. Jadi buatlah hidup anda semenarik mungkin karna hidup itu pilihan yang penuh warna.

Pesimis
   Percayalah sikap seperti ini tidak memberikan hasil yang baik bagi anda. Karna dalam sikap ini tentunya membuat anda sering berpikir negatif, dan jika kita selalu berpikir negatif hasilnya adalah apa yang dari anda pikirkan menjadi kenyataan yaitu hasil yang negatif. Jadi cobalah untuk berpikir positif agar hasil yang anda pikirkan menjadi kenyataan yaitu hal yang positif. Optimislah karna optimis memberikan banyak manfaat yaitu, apa yang orang optimis lakukan pasti berhasil karna mereka selalu berpikir positif, orang optimis selalu dapat mensyukuri hidupnya, dan masih banyak lagi. Jadi jangan menjadi pesimis, karna dalam pandangan orang yang pesimis ''Hidup itu adalah penderitaan''. Silahkan jadi orang yang optimis..

      Dari refleksi saya ini, saya harap refleksi ini dapat bermanfaat untuk anda..... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar